HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN, KEKUATAN OTOT TANGAN DENGAN KEMAMPUAN CHEST PASS SISWA PUTRA KELAS VIII YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMP NEGERI 1 WATES, KULON PROGO - YOGYAKARTA

Amalia Sheilani, Rizki Amalia Sheilani (2013) HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN, KEKUATAN OTOT TANGAN DENGAN KEMAMPUAN CHEST PASS SISWA PUTRA KELAS VIII YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMP NEGERI 1 WATES, KULON PROGO - YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZKI AMALIA SHEILANI.pdf

Download (71MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah beberapa siswa belum berhasil dalam melakukan chest pass, kedua tangan belum di depan dada dengan menjaga siku masuk dan belum dalam posisi rileks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tangan dengan kemampuan chest pass siswa putra kelas VIII yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 1 Wates, Kulon Progo – Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional menggunakan metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas VIII yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 1 Wates yang berjumlah sebanyak 25 siswa. Instrumen yang digunakan adalah untuk kekuatan otot lengan menggunakan pull and push dynamometer dengan koefisien validitas 0,866 dan koefisien reliabilitas 0,938, kekuatan otot tangan menggunakan hand grip dynamometer dengan koefisien validitas 0,880 dan koefisien reliabilitas 0,938, dan untuk kemampuan chest pass menggunakan tes Lehsten basket ball dengan koefisien validitas 0,870 dan koefisien reliabilitas 0,938. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment dan regresi melalui uji prasyarat linieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kekuatan otot lengan terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan kemampuan chest pass. Koefisien korelasi untuk kekuatan otot lengan adalah 0,706 dengan sumbangan efektif sebesar 41,16%. Pada kekuatan otot tangan terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan kemampuan chest pass. Koefisien korelasi untuk kekuatan otot tangan adalah 0,610 dengan sumbangan efektif sebesar 9,69%. Pada kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tangan terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan kemampuan chest pass. Koefisien korelasi untuk kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tangan dengan kemampuan chest pass adalah 0,713 dengan sumbangan efektif 50,8%, di luar dari itu dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 13 Apr 2015 01:54
Last Modified: 13 Apr 2015 01:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16001

Actions (login required)

View Item View Item