IDENTIFIKASI PERILAKU MENGGANGGU SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MAGELANG

Taufiq Hendra Wicaksono, Taufiq (2015) IDENTIFIKASI PERILAKU MENGGANGGU SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, tingkat, dan penyebab siswa melakukan perilaku mengganggu, serta untuk mengetahui upaya guru dalam meredakan perilaku mengganggu di kelas di MAN 1 Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Setting penelitian ini adalah MAN 1 Magelang. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa MAN 1 Magelang dengan menggunakan teknik stratified proportionate random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk kemudian dilakukan skala pengukuran. Instrumen yang digunakan yaitu skala perilaku mengganggu di kelas. Analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Data yang diperoleh selanjutnya dihitung dengan teknik persentase dan memperhitungkan mean atau rata-rata. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Perilaku mengganggu siswa di kelas yang paling dominan pada siswa MAN 1 Magelang adalah perilaku menggambar di kertas pada saat guru menerangkan pelajaran, mengerjakan tugas mata pelajaran lain saat pembelajaran berlangsung, menggunakan telepon genggam di kelas, lupa membawa pekerjaan rumah, mencontek ketika ulangan atau ujian, dan tidak memperhatikan pelajaran. (2) Tingkat perilaku mengganggu tertinggi terletak pada perilaku menggambar di kertas dengan rerata 3,29. Perilaku mengganggu dengan intensitas tertinggi (pada skala 5-6) yaitu menggambar di kertas (77 siswa atau 30%) dan berbicara diluar gilirannya (33 siswa atau 13%). Perilaku mengganggu yang dilakukan paling banyak siswa adalah perilaku buang angin di kelas (247 siswa atau 95%), tetapi intensitasnya rendah. Tingkat perilaku mengganggu siswa cenderung pada kategori rendah yaitu 77,7% dan cenderung pada kategori sedang yaitu 22,3%. (3) Sebagian besar siswa beralasan melakukan perilaku mengganggu di kelas karena bosan dan terbebani kurikulum. (4) Sebagian besar guru MAN 1 Magelang memiliki sedikit pengetahuan mengenai perilaku mengganggu dan belum mengetahui cara mengatasi perilaku mengganggu. Kata kunci: perilaku mengganggu, guru, siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15999

Actions (login required)

View Item View Item