IDENTIFIKASI TINGKAT KESULITAN PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NGAGLIK SLEMAN

Ichsan, Ichsan Kurniawan (2013) IDENTIFIKASI TINGKAT KESULITAN PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ichsan Kurniawan (09601241038).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Dalam hal ini salah satu penyebab tingkat kesulitan proses pembelajaran siswa yaitu pembelajaran kurang efektif. Siswa banyak duduk dan kurang bergerak, merasa tidak bisa dan malas melakukan pembelajaran penjas dan kurangnya kebiasaan bertanya jika merasa tidak bisa. Hal ini akan mempengaruhi tingkat kesulitan proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kesulitan proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa kelas VIII SMP N 1 Ngaglik Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Ngaglik Sleman sebanyak 189 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 94 siswa dari 3 kelas yaitu kelas VIII C 32 siswa, kelas VIII D 30 siswa, dan kelas VIII E 30 siswa. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survai dengan menggunakan menggunakan kuesioner sebagai istrumennya. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kesuliatan proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa SMP N 1 Ngaglik Sleman 74 siswa atau 78,72% siswa masuk katagori “rendah” dan 20 siswa atau 21,28% siswa masuk katagori “tinggi”. Dengan demikian tingkat kesulitan proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan masuk SMP N 1 Ngaglik Sleman masuk dalam katagori “rendah”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 13 Apr 2015 01:49
Last Modified: 29 Jan 2019 20:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15997

Actions (login required)

View Item View Item