HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI ORGANISASI FORUM ANAK SLEMAN

Nenit Novita Sari, Nenit (2015) HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI ORGANISASI FORUM ANAK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan antara keaktifan berorganisasi dengan prestasi belajar; 2) Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar; dan 3) Hubungan antara keaktifan berorganisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di organisasi forum anak Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, yaitu semua siswa yang tergabung dalam anggota di organisasi forum anak Sleman yang berjumlah 66 anak. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner berbentuk skala yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta nilai raport siswa semester ganjil tahun ajaran 2012. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik koefisien korelasi serta teknik regresi sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keaktifan berorganisasi berhubungan positif dengan prestasi belajar dan memiliki tingkat hubungan yang rendah, dibuktikan dengan rx1y 0,205 pada taraf 1%. 2) Motivasi belajar berhubungan positif dengan prestasi belajar dan memiliki tingkat hubungan yang rendah, dibuktikan dengan rx2y 0,330 pada taraf 1%. 3) Hasil analisis menunjukkan bahwa keaktifan berorganisasi dan motivasi belajar secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif dengan prestasi belajar dan memiliki tingkat hubungan yang rendah, dibuktikan dengan ry12 0,356 pada taraf 1%. Keaktifan berorganisasi dan motivasi belajar memberikan sumbangan efektif sebanyak 12,70% terhadap prestasi belajar. Hal ini berarti masih terdapat 87,30% faktor-faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar. Kata kunci: Keaktifan Berorganisasi, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15996

Actions (login required)

View Item View Item