PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PETUALANGAN KIMIA THE SECRET OF ATOM SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X

Slamet, Arjuna (2011) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PETUALANGAN KIMIA THE SECRET OF ATOM SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak bahasa Indonesia.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik petualangan kimia The Secret of Atom sebagai media belajar mandiri peserta didik SMA/MA kelas X, mengetahui kualitas media komik The Secret of Atom sebagai media belajar mandiri peserta didik SMA/MA kelas X, mengetahui ketertarikan peserta didik terhadap media komik The Secret of Atom sebagai media belajar mandiri, dan mengetahui pengaruh media komik The Secret of Atom terhadap hasil belajar mandiri peserta didik SMA/MA kelas X. Media komik ini dikembangkan dengan model pengembangan prosedural meliputi 6 tahap pengembangan yaitu tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan, tahap penilaian, tahap analisis data dan tahap pengambilan kesimpulan sehingga menghasilkan produk komik yang berkualitas. Kualitas komik ini ditentukan menggunakan teknik perhitungan pengubahan skor angket kualitas dengan skala Likert yang berasal dari 3 reviewer. Ketertarikan peserta didik terhadap komik ditentukan dari angket penilaian yang berasal dari 30 peserta didik dengan instrumen yang hampir sama seperti instrumen angket kualitas media komik. Komik ini juga diujicobakan sebagai media belajar mandiri peserta didik. Hasil dari ujicoba ini adalah perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum membaca komik dan sesudah membaca komik. Berdasarkan hasil perhitungan dan pembahasan, dihasilkan media komik petualangan kimia dengan spesifikasi produk berukuran A5 versi karikatur yang berisi cerita lucu bermuatan materi struktur atom kelas X. Media komik The Secret of Atom mendapat kategori kualitas sangat baik (SB) dengan nilai 4,289 dan persentase kualitas komik ini adalah 85,789%. Ketertarikan peserta didik terhadap komik ini adalah komik berkategori menarik bagi peserta didik dengan nilai 3,906 dan persentase kategori ketertarikan adalah 78,126 %. Hasil dari uji coba media komik ini adalah menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah membaca komik The Secret of Atom.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 13 Apr 2015 01:42
Last Modified: 29 Jan 2019 20:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15995

Actions (login required)

View Item View Item