MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MENGGUNAKAN PERMAINAN TANGRAM PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS II SD NEGERI DUKUN 2 KECAMATAN DUKUN, MAGELANG

Eny, Widyastuti (2013) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MENGGUNAKAN PERMAINAN TANGRAM PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS II SD NEGERI DUKUN 2 KECAMATAN DUKUN, MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Eny Widyastuti(skripsi).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika menggunakan permainan tangram pada siswa kelas II SD Negeri Dukun 2, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Jenis Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Dukun 2 yang berjumlah 23 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran menggunakan permainan tangram, angket digunakan untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif sementara data hasil angket diananlisis secara deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran permainan tangram dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas II SD Negeri Dukun 2.Pada siklus I sudah terjadi peningkatan namun masih ditemukan bahwa antusiasme dan partisipasi siswa dalam mengikuti permainan masih kurang karena hanya dimainkan beberapa siswa saja sedang siswa lain hanya menjadi pengamat. Pada siklus II menunjukkan peningkatan yang lebih baik pada antusiasme dan partisipasi siswa karena permainan tangram yang disediakan lebih banyak sehingga siswa dapat memainkan dan memanipulasinya secara bersama dengan kelompoknya. Peningkatan minat belajar siswa ditunjukkan oleh adanya peningkatan rata-rata skor minat belajar matematika siswa pada mata pelajaran matematika sebelum dikenai tindakan rata-rata skor minat belajar matematika siswa sebesar 90 setelah dikenai tindakan pada siklus I rata-rata skor minat belajar matematika siswa menjadi 93, pada siklus II menjadi 99. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan skor minat belajar matematika siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 3 poin, sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 6 poin. Peningkatan minat belajar matematika siswa juga terlihat dari jumlah siswa yang memiliki kriteria skor minat belajar matematika siswa pada tingkat sedang yaitu (1). Pra siklus sebanyak 10 siswa atau sebesar 43,5% (2). Siklus II sebanyak 14 siswa atau sebesar 60,9% (3). Siklus III sebanyak 20 siswa atau sebanyak 87%. Kata Kunci: minat belajar matematika, permainan tangram, siswakelas II SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15994

Actions (login required)

View Item View Item