PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS AWAL SD NEGERI KARANGPUTAT 02 CILACAP

Febriani, Setiyaningsih (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS AWAL SD NEGERI KARANGPUTAT 02 CILACAP. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FEBRIANI SETIYANINGSIH.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis tegak bersambung melaluimodel pembelajaran kontekstualpada siswa kelas awal (kelas IIdan kelas III) SD Negeri Karangputat 02 Cilacap tahun ajaran 2012/2013 dan 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas awal SD Negeri Karangputat 02 Cilacap yang berjumlah 20 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan menulis tegak bersambung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi, observasi, catatan lapangan, dan tes. Studi dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa penelitian tersebut benar-benar dilaksanakan. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan proses pembelajaran menulis tegak bersambung melalui model pembelajaran kontekstual. Catatan lapangan digunakan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan yang terjadi pada saat berlangsungnya proses pembelajaran.Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis tegak bersambung siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ditunjukkan dengan peningkatan proses pembelajaran kemampuan menulis dan peningkatan hasil kemampuan menulis tegak bersambung. Peningkatan proses pembelajaran kemampuan menulis tegak bersambung ditandai dengan meningkatnya semangat dalam menulis huruf, siswa dapat membedakan huruf tegak bersambung dan meningkatnya konsentrasi siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis tegak bersambung. Peningkatan hasil kemampuan menulis tegak bersambung yang terjadi yaitu, (1) nilai rata-ratapratindakan siswa sebesar 62,9 dengan persentase ketuntasan sebesar 20%, (2) nilai rata-ratates akhir siklus 1 sebesar 71,3 dengan persentase ketuntasan sebesar 35%, (3) nilai rata-ratatesakhir siklus 2 sebesar 73,75 dengan persentase ketuntasan 65% dan, (4) nilai rata-rata tes akhir siklus 3 sebesar 79 dengan persentase ketuntasan 80%. Kata kunci: kemampuan menulis tegak bersambung,model pembelajaran kontekstual.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15989

Actions (login required)

View Item View Item