KEHIDUPAN BUTCHI(Studi Kasus tentang Kehidupan dan Strategi Coping Lesbian yang Berperan Laki-laki dalam Menghadapi Stigma Masyarakat Yogyakarta)

Annisa Imathoh, Annisa (2015) KEHIDUPAN BUTCHI(Studi Kasus tentang Kehidupan dan Strategi Coping Lesbian yang Berperan Laki-laki dalam Menghadapi Stigma Masyarakat Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kehidupan lesbian butchi dilihat dari aspek fisik, psikologis, ekonomi, sosial dan keagamaan, (2) strategi coping seorang butchi dalam menghadapi stigma negatif masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah 5 orang butchi. Penelitian dilakukan di Kota Yogyakarta dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) aspek fisik butchi dibedakan menjadi dua: (a) AR, DN adalah stone butch yang terlihat maskulin dan tidak memperlihatkan sama sekali sisi feminine sebagai perempuan; (b) PO, ID, RY adalah soft butch yang masih memperlihatkan sisi femininenya, (2) aspek psikologis butchi: (a) ID dan RY merasa takut saat menyadari dirinya tertarik pada sesama jenis; (b) DN, PO, AR merasa biasa saja karena ketertarikan pada sesama jenis telah berlangsung sejak kecil, (3) aspek ekonomi selain berkaitan dengan kondisi keuangan dan kemandirian subyek juga memiliki keterkaitan dengan aspek sosial dan coming out (membuka diri), adanya kemapanan ekonomi dan komunikasi yang baik akan meringankan dampak dari proses coming out (a) DN dan ID melakukan coming out dengan terencana, (b) PO dan DN melakukan coming out dengan tidak terencana, (c) sedangkan RY masih mengurungkan niat untuk coming out, (4) aspek keagamaan kelima butchi yang menjadi subyek penelitian menilai bahwa agama adalah sepenuhnya hubungan manusia dengan Tuhan dan hanya Tuhan yang dapat menentukan hal benar atau salah, (6) strategi coping butchi dalam menghadapi stigma masyarakat dapat dilihat dalam tiga tipe, yaitu: (a) mengubah atau tidak memperlihatkan perasaan, hal ini dilakukan oleh PO dan RY; (b) menerima diri sendiri dengan segala pemikiran negatif, hal ini dilakukan oleh DN, ID, PO, AR; (c) mengurangi atau meminimalisasi pemikiran negatif, hal ini dilakukan oleh ID dan DN. Kata Kunci: Butchi, Stigma Masyarakat, Strategi Coping Lesbian

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15986

Actions (login required)

View Item View Item