SINTESIS DAN KARAKTERISASI MESOPORI TiO2 TIPE ANATASE MELALUI PROSES SOL-GEL DENGAN CTABr (Cetyltrimethylammonium Bromida) SEBAGAI PENCETAK PORI

Daniyati, Tri Honi (2011) SINTESIS DAN KARAKTERISASI MESOPORI TiO2 TIPE ANATASE MELALUI PROSES SOL-GEL DENGAN CTABr (Cetyltrimethylammonium Bromida) SEBAGAI PENCETAK PORI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
SINTESIS DAN KARAKTERISASI MESOPORI TiO2 TIPE ANATASE MELALUI PROSES SOL.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari sintesis dan karakterisasi mesopori TiO2 tipe anatase melalui proses sol-gel dengan CTABr sebagai pencetak pori. TTIP digunakan sebagai prekursor Ti dan CTABr digunakan sebagai pencetak pori. Kondisi optimum preparasi ditentukan berdasarkan kristalinitas TiO2 tipe anatase yang dihasilkan dengan memvariasi perbandingan TTIP/CTABr dan suhu kalsinasi. Penelitian ini diawali dengan optimasi suhu kalsinasi pada suhu 2000C, 3000C, 4000C, dan 5000C. selanjutnya dilakukan optimasi dengan perbandingan mol TTIP/CTABr dengan variasi 4:3, 4:6 dan 4:7 pada suhu kalsinasi optimum. Kondisi optimum preparasi ditentukan berdasarkan spektra XRD, yang diperoleh pada suhu kalsinasi 4000C, perbandingan mol TTIP/CTABr dan karakterisasi material hasil sintesis dilakukan dengan XRD, FTIR, dan gas sorption. Hasil penelitian menunjukkan kondisi optimum diperoleh pada perbandingan TTIT/CTABr 4:6 dan proses penghilangan pencetak pada suhu 4000C. Serbuk TiO2 secara dominan tersusun oleh fasa anatase dan memiliki karakterisasi mesopori dengan luas permukaan sebesar 95,315 m2/g.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 13 Apr 2015 01:32
Last Modified: 29 Jan 2019 20:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15985

Actions (login required)

View Item View Item