PENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SEBAGAI SALAH SATU UKURAN BALANCED SCORECARD PADA PT. MADUBARU KABUPATEN BANTUL PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Yoasti, Gama Luky (2014) PENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SEBAGAI SALAH SATU UKURAN BALANCED SCORECARD PADA PT. MADUBARU KABUPATEN BANTUL PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi program Corporate Social Responsibility terhadap loyalitas konsumen sebagai salah satu ukuran Balanced Scorecard PT. Madubaru Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksplanatif karena penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh implementasi program CSR terhadap loyalitas konsumen gula sebagai salah satu ukuran Balanced Scorecard pada PT. Madubaru. Populasi konsumen PT. Madubaru terbagi dalam populasi konsumen gula dan konsumen spiritus. Populasi dalam penelitian ini jumlahnya tidak diketahui secara pasti sehingga dengan menggunakan rumus Paul Leedy diambil jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik sampling yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan responden konsumen gula Madukismo. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan: (1) uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas; (2) uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas data dan uji linearitas; serta (3) uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana, mencari koefisien determinasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Corporate Social Responsibility berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sebagai salah satu ukuran Balanced Scorecard. Hal ini dibuktikan dengan hasil regresi yang menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (2,129 > 1,66123), koefisien regresi sebesar 0,122 yang menunjukkan bahwa setiap kenaikan 1 satuan implementasi program Corporate Social Responsibility menyebabkan kenaikan sebesar 0,122 pada loyalitas konsumen serta nilai signifikansi implementasi program Corporate Social Responsibility sebesar 0,036 lebih kecil dari nilai signifikansi yang digunakan dalam penelitan ini yaitu 0,05. Hasil penelitian berupa koefisien determinasi (r2) sebesar 4,6% menunjukkan bahwa implementasi program Corporate Social Responsibility memiliki kemampuan menjelaskan loyalitas konsumen sebesar 4,6%. Selanjutnya, loyalitas konsumen dimungkinkan dijelaskan melalui faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Implementasi Program Corporate Social Responsibility, Loyalitas Konsumen, Balanced Scorecard

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15979

Actions (login required)

View Item View Item