PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MODELEXPERIENTIAL LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN BANGUNJIWO BANTUL

Yuliana Dwi, Astuti (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MODELEXPERIENTIAL LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN BANGUNJIWO BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YULIANA DWI ASTUTI 09108244090.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanketerampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Bangunjiwo Bantul melalui penggunaan model experiential learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Bangunjiwo Bantul yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Taggart melalui 3 tahapan yaitu rencana, tindakan dan observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi guru dan siswa, catatan lapangan dan tes. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi dan catatan lapangan sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil penilaian menulis karangan narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modelexperiential learning dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Bangunjiwo Bantul. Peningkatan keterampilan menulis siswa dapat terlihat dari meningkatnya proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan siswa menjadi lebih aktif dalam mencari informasi dan mengemukakan pendapat untuk bekal menulis karangan narasi. Siswa dapat membuat karangan narasi dengan baik. Siswa juga menjadi lebih berani membacakan hasil karangan di depan kelas, sehingga tercipta pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan.Peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis karangan narasi pada kondisi awal sebesar 61,17 pada siklus I meningkat menjadi 67,47. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 61,17 menjadi 75,52. Peningkatan siswa yang mencapai kriteria ketuntasan pada siklus I sebesar 24%, siklus I 47%, sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 82%. Kata kunci: keterampilan menulis karangan narasi, experiential learning, kelas IV SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15977

Actions (login required)

View Item View Item