PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI BLONDO 1 MAGELANG

Muhammad Abdul, Haris (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI BLONDO 1 MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Muhammad Abdul Haris NIM 09108244066.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Blondo 1 Magelang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-exsperimental dengan desain one-group pre test-post test. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan memecahkan masalah dalam pembelajaran IPS dan variabel bebasnya adalah model problem based learning. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri Blondo 1 Kabupaten Magelang yang berjumlah 35 siswa dengan rincian, 21 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan bantuan program SPSS for windows 18 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah IPS . Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil pre test dan post test siswa. Rata-rata skor pre test siswa yaitu sebesar 21,57 mengalami peningkatan pada skor post test menjadi 26,23. Berdasarkan hasil uji t, menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 12,705 ≥ t tabel 1,697 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya bahwa model problem based learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan memecahkan masalah IPS. Kata kunci: model problem based learning, kemampuan memecahan masalah IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 07 Sep 2015 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15968

Actions (login required)

View Item View Item