Adi, Adi Setiyo Pramono (2013) STATUS PERSEPTUAL MOTORIK SISWA KELAS BAWAH SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
SKRIPSI ADI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status perseptual motorik siswa kelas bawah Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem. Belum diketahuinya gangguan perseptual motorik pada siswa SD Muhammadiyah Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survai dengan teknik pengambilan datanya berupa tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas bawah yang berjumlah 186 siswa, instrumen pengambilan data dengan menggunakan tes motorik, koefisien reliabilitas tes sebesar 0,92. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase status perseptual motorik siswa kelas bawah SD Muhammadiyah Pakem dengan menggunakan 5 kategori yaitu kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status perseptual motorik siswa kelas bawah SD Muhammadiyah Pakem berkategori sedang, secara rinci terdapat 12 siswa (6,45%) dalam kategori sangat tinggi, 45 siswa (24,19%) dalam kategori tinggi, 77 siswa (41,40%) dalam kategori sedang, 40 siswa (21,51%) dalam kategori rendah, 12 siswa (6,45%) dalam kategori sangat rendah. Hal tersebut menunjukan bahwa siswa kelas bawah Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem mempunyai kemampuan perseptual motorik yang cukup bagus yang dapat menunjang untuk melakukan segala aktifitas kegiatan penjasorkes dengan baik dan bahkan dapat berprestasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Olahraga Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) |
Depositing User: | Admin Pendidikan Olahraga FIK |
Date Deposited: | 13 Apr 2015 01:17 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |