STATUS PERSEPTUAL MOTORIK SISWA KELAS BAWAH SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA

Adi, Adi Setiyo Pramono (2013) STATUS PERSEPTUAL MOTORIK SISWA KELAS BAWAH SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ADI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status perseptual motorik siswa kelas bawah Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem. Belum diketahuinya gangguan perseptual motorik pada siswa SD Muhammadiyah Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survai dengan teknik pengambilan datanya berupa tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas bawah yang berjumlah 186 siswa, instrumen pengambilan data dengan menggunakan tes motorik, koefisien reliabilitas tes sebesar 0,92. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase status perseptual motorik siswa kelas bawah SD Muhammadiyah Pakem dengan menggunakan 5 kategori yaitu kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status perseptual motorik siswa kelas bawah SD Muhammadiyah Pakem berkategori sedang, secara rinci terdapat 12 siswa (6,45%) dalam kategori sangat tinggi, 45 siswa (24,19%) dalam kategori tinggi, 77 siswa (41,40%) dalam kategori sedang, 40 siswa (21,51%) dalam kategori rendah, 12 siswa (6,45%) dalam kategori sangat rendah. Hal tersebut menunjukan bahwa siswa kelas bawah Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem mempunyai kemampuan perseptual motorik yang cukup bagus yang dapat menunjang untuk melakukan segala aktifitas kegiatan penjasorkes dengan baik dan bahkan dapat berprestasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 13 Apr 2015 01:17
Last Modified: 13 Apr 2015 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15959

Actions (login required)

View Item View Item