KEEFEKTIFAN METODE PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN SENDEN MUNGKID MAGELANG

Lis, Fatmawati (2013) KEEFEKTIFAN METODE PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN SENDEN MUNGKID MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Lis Fatmawati, 09108244065, PGSD.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode permainan, mengetahui keefektifan metode permainan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal, dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV di SDN Senden Mungkid Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental, dengan variabel terikat kecerdasan interpersonal dan prestasi belajar IPS siswa, serta variabel bebas metode permainan. Desain penelitiannya yaitu One Group Pretest-Postest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Senden Mungkid Magelang. Objek penelitian berupa kecerdasan interpersonal dan prestasi belajar IPS siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar angket, soal IPS, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan, efektif untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal dan prestasi belajar IPS siswa. Keefektifan dilihat dari peningkatan hasil tes sebelum perlakuan dan hasil tes setelah perlakuan. Peningkatan kecerdasan interpersonal siswa sebesar 14,14 ditunjukkan dengan peningkatan skor rata-rata tes sebelum perlakuan 87,54 menjadi 101,68 pada rata-rata tes setelah perlakuan, dengan skor maksimal ideal sebesar 120. Peningkatan prestasi belajar IPS siswa ditunjukkan dengan peningkatan sebesar 4,16 dari skor rata-rata tes sebelum perlakuan 18,23 menjadi 22,39 pada hasil tes setelah perlakuan, dengan skor maksimal ideal sebesar 25. Kata Kunci: Metode permainan, kecerdasan interpersonal siswa, prestasi belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 07 Sep 2015 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15950

Actions (login required)

View Item View Item