PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KRISTEN 2 KLATEN

Vidya, Jati Ningrum (2015) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KRISTEN 2 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Vidya Jati Ningrum.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KRISTEN 2 KLATEN Oleh : Vidya Jati Ningrum NIM. 12402245005 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar standar kompetensi melakukan prosedur administrasi siswa kelas XI kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK Kristen 2 Klaten, (2) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar standar kompetensi melakukan prosedur administrasi siswa kelas XI kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK Kristen 2 Klaten, dan (3) pengaruh perhatian orang tua dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar standar kompetensi melakukan prosedur administrasi siswa kelas XI kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK Kristen 2 Klaten. Jenis penelitian ini adalah ex post facto, dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK Kristen 2 Klaten dengan jumlah 52 siswa. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 25 siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Bhakti Karya 1 Magelang, pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan studi dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk menjawab hipotesis penelitian pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk menjawab hipotesis penelitian ketiga. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar dengan koefisien rx1y sebesar 0,666 dan koefisien r2 0,444, (2) ada pengaruh positif dansignifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar dengan koefisien rx2y sebesar 0,717 dan koefisien r2 0,515 dan (3) ada pengaruh positif dan signifikanantara perhatian orang tua dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar standar kompetensi melakukan prosedur administrasi siswa kelas XI kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK Kristen 2 Klaten yang ditunjukkan dengan koefisien R 0,753 dan koefisien R2 sebesar 0,567, sedangkan43,3% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini. Kata kunci : perhatian orang tua, disiplin belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15949

Actions (login required)

View Item View Item