HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN ASERTIVITAS PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID MAGELANG

Riska Setyaningrum, Riska (2015) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN ASERTIVITAS PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan permasalahan konsep diri dan asertivitas siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Mungkid Magelang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan asertivitas siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Mungkid Magelang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Mungkid Magelang, sampel berjumlah 66 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Alat pengumpul data berupa skala konsep diri dan skala asertivitas. Koofisien reliabilitas skala konsep diri sebesar 0,875 sedangkan skala asertivitas koefisien reliabilitasnya sebesar 0,897. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Uji hipotesis membuktikan adanya hubungan antara konsep diri dengan asertivitas sebesar 0,700 pada taraf signifikansi 5%. Sehingga disimpulkan bahwa semakin tinggi konsep diri maka semakin tinggi tingkat asertivitas pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Mungkid Magelang 12% memiliki konsep diri tinggi, 70% konsep diri sedang, dan 18% konsep diri rendah sedangkan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Mungkid Magelang 20% memiliki asertivitas tinggi, 65% asertivitas sedang, dan 15% asertivitas rendah. Kata kunci : konsep diri, asertivitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15948

Actions (login required)

View Item View Item