PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERAIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 3 SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014

HERMAWAN, TRI HENDRA (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERAIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 3 SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKIPSI FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi dan untuk mengetahui peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi dalam Kompetensi Dasar Penyusunan Laporan Keuangan Perusahaan Dagang siswa Kelas X Akuntansi 3 SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014 melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif dan partisipatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi partisipasi dan angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data deskriptif kuantitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan analisis data deskriptif kuantitatif dilakukan dengan mendeskripsikan data kuantitatif yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akutansi 3 SMK Batik Perbaik Purworejo. Aktivitas Belajar Akuntansi menunjukkan adanya peningkatan pada indikator membaca materi dan menandai hal-hal yang penting, membuat pertanyaan, menjawab pertanyaan dan berdiskusi dengan teman, siswa mendengarkan penjelasan dari guru, mengerjakan tugas, merangkum materi yang dijelaskan oleh guru dan saat berdiskusi, partisipasi dalam permainan Snowball Throwing, bekerjasama dengan teman. Pada siklus 1 diperoleh rata-rata skor Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 64,25% dan pada siklus 2 diperoleh skor 81,25%, terjadi peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 17,00%. Selain itu berdasarkan angket yang didistribusikan kepada siswa menunjukan peningkatan rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi dari siklus 1 sebesar 73,93% ke siklus 2 sebesar 80,73% terjadi peningkatan sebesar 6,80%. Kata Kunci: Snowball Throwing, Aktivitas Belajar Akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15941

Actions (login required)

View Item View Item