PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK IMAJINASI SISWA KELAS V SD GODEGAN SRANDAKAN BANTUL

Ristu, Kinani (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK IMAJINASI SISWA KELAS V SD GODEGAN SRANDAKAN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Ristu Kinani( 09108241049).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, pertama, meningkatkan proses pembelajaran keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas V SD Godegan, Srandakan, Bantul menggunakan model active learning teknik imajinasi. Kedua, untuk meningkatkan hasil keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas V SD Godegan, Srandakan, Bantul menggunakan model active learning teknik imajinasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Godegan, Srandakan, Bantul yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama terdiri dari tiga pertemuan, sedangkan siklus kedua terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, catatan lapangan, dan tes. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskripsi kualitatif untuk menganalisis hasil pengamatan dan catatan lapangan, deskripsi kuantitatif untuk menganalisis hasil tes keterampilan menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model active learning teknik imajinasi dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas V SD Godegan, Srandakan, Bantul. Hal ini dibuktikan pada observasi pratindakan, siswa tampak mengeluh saat diminta menulis puisi, ramai sendiri, dan tidak ikut aktif selama pembelajaran. Pada siklus I, siswa sudah tidak mengeluh lagi, siswa yang ramai mulai berkurang, dan siswa sudah aktif mengikuti pembelajaran. Pada siklus II, siswa lebih berminat ketika diminta menulis puisi, lebih aktif secara mandiri selama kegiatan menulis puisi, dan berpartisipasi aktif mengikuti pembelajaran secara runtut dan baik. Dari segi hasil, dilihat dari nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan siswa. Nilai ratarata pada pratindakan sebesar 57,65, siklus I sebesar 60,43, siklus II sebesar 71,75. Kemudian, persentase ketuntasan siswa pada pratindakan sebesar 10%, siklus I sebesar 45,79%, siklus II sebesar 78,95%. Hal ini menandakan bahwa penelitian ini dihentikan pada pertemuan kedua siklus II karena kriteria keberhasilan penelitan telah tercapai. Kata kunci : active learning, keterampilan menulis puisi, teknik imajinasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15939

Actions (login required)

View Item View Item