PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGAWONGGO 1 KABUPATEN MAGELANG

Dwi Prasetya, Arvianta (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGAWONGGO 1 KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi 09108244126.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SD Negeri Ngawonggo I tahun pelajaran 2012/2013 melalui model pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Model penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Ngawonggo 1 yang berjumlah 25 siswa. Objek penelitian ini yaitu keterampilan siswa dalam menulis narasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman penilaian tes, dan kamera. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Peningkatan didasarkan pada hasil pra tindakan yang menunjukan siswa belum terlibat aktif dalam pembelajaran dan mengalami kesulitan dalam keterampilan menulis narasi. Pada siklus I, siswa sudah terlibat aktif dalam pembelajaran, seperti siswa melakukan kegiatan diskusi dan tidak ragu untuk menyampaikan pendapatnya. Siklus II, peningkatan menjadi lebih maksimal, semakin banyak siswa yang tidak ragu untuk menyampaikan pendapatnya dan kegiatan diskusi yang semakin terkondisi. Peningkatan juga dapat dilihat dari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan hasil tes keterampilan menulis narasi. Rata-rata hasil tes pada pra tindakan yaitu 69,96, siklus I yaitu 77,88, dan siklus II yaitu 82,36. Hasil tersebut menunjukan peningkatan dari pra tindakan ke siklus I sebesar 7,92 dan dari siklus I ke siklus II sebersar 4,48. Ketuntasan nilai yang dicapai, yaitu pada pra tindakan 32% meningkat pada siklus I menjadi 76% dan siklus II menjadi 96%. Kata kunci: keterampilan menulis, menulis narasi, model pembelajaran kontekstual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15938

Actions (login required)

View Item View Item