MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DI KELAS V SD NEGERI WINONGO TIRTONIRMOLO KASIHAN BANTUL

Siti, Nurjannah (2015) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DI KELAS V SD NEGERI WINONGO TIRTONIRMOLO KASIHAN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BUAT CD FIX 2.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas V melalui model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) di SD Negeri Winongo Tirtonirmolo Kasihan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas di mana peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Winongo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Winongo yang berjumlah 31 siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 rancangan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, tes, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) mampu meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa. Pada siklus I, sebanyak 14 siswa mencapai aktivitas belajar yang tinggi (≥ 76 %) dengan persentase sebesar 45,16%, sebanyak 11 siswa mencapai aktivitas belajar yang cukup (56-75%) dengan persentase sebesar 35,48%, sebanyak 6 siswa mencapai aktivitas belajar kurang (40-55 %) dengan persentase 19,36%. Pada siklus II aktivitas belajar IPS siswa meningkat. Sebanyak 24 siswa mencapai aktivitas belajar tinggi (≥ 76 %) dengan persentase sebesar 77,42%, sebanyak 4 siswa mencapai aktivitas belajar cukup (56-75%) dengan persentase sebesar 12,90%, sebanyak 3 siswa mencapai aktivitas belajar kurang (40-55 %) dengan persentase sebesar 9,68%. Hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya aktivitas belajar IPS siswa. Pada saat sebelum tindakan, ketuntasan belajar siswa mencapai 70,96% dengan nilai rata-rata 72. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 83,87% dengan nilai rata-rata 75, sedangkan pada siklus II meningkat mencapai 90,32% dengan nilai rata-rata 83. Kata Kunci: aktivitas belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15933

Actions (login required)

View Item View Item