PERBEDAAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DAN MODEL GENERATIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA POKOK BAHASAN PERMINTAAN DAN PENWARAN DALAM MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH MUNGKID

CHOTIMAH, SITI NURUL (2014) PERBEDAAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DAN MODEL GENERATIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA POKOK BAHASAN PERMINTAAN DAN PENWARAN DALAM MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH MUNGKID. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 10416241012.swf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep pada mata pelajaran IPS disebabkan oleh kurangnya variasi model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep pada pokok bahasan permintaan dan penawaran dalam mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan dengan menggunakan model pembelajaran Generatif. Penelitian merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest, Nonequivalent Multiple-Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII SMP Muhammadiyah Mungkid Tahun Ajaran 2013/2014, sedangkan sampelnya kelas VIII B dan VIII C. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Uji validitas instrumen lembar observasi dan soal tes dilakukan dengan validitas isi dan konstruk. Uji reliabilitas instrumen tes dianalisis menggunakan bantuan program ANATES versi 4.1. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji-t (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara model Learning Cycle 5E dan model Generatif dalam meningkatkan pemahaman konsep pada pokok bahasan permintaan dan penawaran dalam mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Mungkid. Nilai hitung uji-t untuk hasil tes pemahaman konsep pada pokok bahasan permintaan dan penawaran siswa menunjukkan perolehan nilai signifikansi sebesar (p) 0,68 > 0,05 dan nilai t hitung < t tabel yaitu 1,856 < 1,997. Atas dasar hal tersebut, penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan model Generatif tidak terdapat perbedaaan dalam meningkatkan pemahaman konsep pada pokok bahasan permintaan dan penwaran. Kata kunci: model Learning Cycle 5E, model Generatif, pemahaman konsep pada pokok bahasan permintaan dan penawaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 13 Apr 2015 00:24
Last Modified: 29 Jan 2019 20:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15929

Actions (login required)

View Item View Item