PNERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA KARTU BERPASANGAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 3 MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2013/2014

SAYUGA, MELVIN RAHMA (2014) PNERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA KARTU BERPASANGAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 3 MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Oleh: 10403244013 ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share (TPS) berbantuan media Kartu Berpasangan siswa kelas XI IPS 3 MAN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaborasi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa XI IPS 3 MAN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data diskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share (TPS) berbantuan media Kartu Berpasangan dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI MAN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2013/2014 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor Motivasi Belajar Akuntansi dari sebelum Penerapan Teknik Think Pair Share Berbantuan media Kartu Berpasangan sebesar 68,63% meningkat menjadi 6,00%(absolut),8,75% (relatif) atau 74,63 di siklus 1. Peningkatan juga terjadi pada siklus I ke siklus II yaitu 6,75% (absolut), 9,06% (relatif) atau dari 74,63% pada siklus I menjadi sebesar 81,38% pada siklus II. . Selanjutnya berdasarkan angket yang didistribusikan kepada siswa dapat disimpulkan pula bahwa terjadi peningkatan skor Motivasi Belajar Akuntansi siswa sebesar 4,53% (Absolut) dan 6,11% (Relatif) dimana skor pada siklus I sebesar 74,04% meningkat menjadi 79,00% pada siklus II. Dengan cross check yang dilakukan melalui angket dapat disimpulkan pula bahwa dengan diterapkannya Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share (TPS), maka pembelajaran Akuntansi menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Kata kunci: Pembelajaran kooperatif, Think Pair Share (TPS), Motivasi Belajar Akuntansi, kartu berpasangan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 10 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15924

Actions (login required)

View Item View Item