PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI MODUL INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH KOMPETENSI DASAR MEMBUAT JURNAL PENYESUAIAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 PENGASIH

EMIASIH, EMIASIH (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI MODUL INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH KOMPETENSI DASAR MEMBUAT JURNAL PENYESUAIAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 PENGASIH. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ( EMIASIH - 10403241015 ).pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang bertujuan (1) mengembangkan media pembelajaran Akuntansi Modul Interaktif berbasis Adobe Flash kompetensi dasar membuat jurnal penyesuaian untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Pengasih, (2) mengetahui kelayakan modul interaktif berbasis adobe flash kompetensi dasar membuat jurnal penyesuaian berdasarkan ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran Akuntansi, (3) mengetahui respon atau pendapat siswa mengenai modul interaktif berbasis adobe flash kompetensi dasar membuat jurnal penyesuaian, dan (4) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan modul interaktif. Jenis penelitian pengembangan ini mengikuti model pengembangan ADDIE yaitu tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Media diujicobakan kepada 30 siswa Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Pengasih. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berupa modul interaktif berbasis adobe flash sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Terbukti dengan penilaian oleh ahli materi mendapat nilai rata-rata 4,37 dengan kategori “Sangat Layak”, ahli media mendapat nilai rata-rata 3,95 dengan kategori “Layak”, praktisi pembelajaran Akuntansi 4,29 dengan kategori “Sangat Layak”, dan pendapat siswa 4,31 dengan kategori “Sangat Layak”. Selain itu modul interaktif berbasis adobe flash juga dapat menigkatkan motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Pengasih. Terbukti dengan peningkatan sebelum dan setelah menggunakan modul interaktif berbasis adobe flash sebesar 2,68 kategori “Sedang” menjadi 3,58 kategori “Sangat Tinggi. Kata kunci: Modul Interaktif, Adobe Flash, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 10 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15921

Actions (login required)

View Item View Item