PENGARUH PENAMBAHAN MERKAPTOBENZOTIAZOL (MBT) PADA SINTESIS SILIKA GEL ABU VULKANIK TERHADAP KEMAMPUAN ADSORPSI ION LOGAM TEMBAGA(II)

Handayani, Rima (2011) PENGARUH PENAMBAHAN MERKAPTOBENZOTIAZOL (MBT) PADA SINTESIS SILIKA GEL ABU VULKANIK TERHADAP KEMAMPUAN ADSORPSI ION LOGAM TEMBAGA(II). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGARUH PENAMBAHAN MERKAPTOBENZOTIAZOL.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan merkaptobenzotiazol pada sintesis silika gel dari abu vulkanik terhadap efektifitas adsorpsi ion logam Cu(II) dan mengetahui pengaruh variasi konsentrasi merkaptobenzotiazol pada sintesis silika gel terhadap efektifitas adsorpsi ion logam Cu(II). Subjek dari penelitian ini adalah penambahan merkaptobenzotiazol pada sintesis silika gel dari abu vulkanik terhadap kemampuan adsorpsi. Objek dari penelitian ini adalah kemampuan adsorpsi silika gel dari abu vulkanik terhadap ion logam Cu(II). Proses penambahan merkaptobenzotiazol terhadap kemampuan adsorpsi silika gel dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu pembuatan natrium silikat, pembentukan silika gel dan adsorpsi terhadap Cu(II). Natrium silikat diperoleh melalui reaksi antara abu vulkanik dengan NaOH pada temperatur 100 °C. Natrium silikat yang diperoleh dilarutkan dalam akuades hingga terbentuk larutan natrium silikat. Pembentukkan gel dilakukan dengan menambahkan merkaptobenzotiazol dan HCl secara bertetes-tetes ke dalam larutan natrium silikat sampai mencapai pH = 7. Variasi konsentrasi merkaptobenzotiazol yang digunakan adalah 0,09; 0,07; dan 0,04 M. Untuk mengetahui seberapa banyak Cu(II) teradsorpsi dengan menggunakan SSA dan untuk mengetahui identifikasi gugus silanol, siloksan, SH dari merkaptobenzotiazol dan gugus gugus lain yang terikat pada silika gel digunakan spektrofotometer inframerah (FTIR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa MBT dengan konsentrasi 0,09; 0,07; dan 0,04M tidak terimpregnasi secara baik pada silika gel. Silika gel tanpa penambahan MBT memiliki efektifitas adsorpsi paling besar terhadap Cu(II) 100 ppm yaitu sebesar 65,045% ,sedangkan silika gel dengan penambahan MBT 0,09 memiliki efektifitas adsorpsi terhadap Cu(II) sebesar 63,190%. Kata kunci: merkaptobenzotiazol; adsorpsi silika gel; abu vulkanik; ion logam tembaga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 10 Apr 2015 06:24
Last Modified: 29 Jan 2019 20:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15917

Actions (login required)

View Item View Item