PENGARUH MINAT BELAJAR, KEBIASAAN BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YAPEMDA 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2013/2014

DAMAYANTI, AGRINANDA HANUM OKTAVINA (2014) PENGARUH MINAT BELAJAR, KEBIASAAN BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YAPEMDA 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Minat Belajar, Kebiasaan Belajar, Disiplin Belajar, Lingkungan Belajar, dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YAPEMDA 1 Sleman Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YAPEMDA 1 Sleman sejumlah 47 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket/kuisioner. Uji coba instrumen adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YAPEMDA 1 Sleman dengan N= 30. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas mengunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara: 1) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, rhitung = 0,331 > rtabel = 0,288; dan thitung = 4,720 > ttabel = 2,014. 2) Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, rhitung = 0,336 > rtabel = 0,288; dan thitung = 9,207 > ttabel = 2,014. 3) Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, rhitung = 0,653 > rtabel = 0,288; dan thitung = 4,769 > ttabel = 2,014. 4) Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, rhitung = 0,314 > rtabel = 0,288; dan thitung = 4,535 > ttabel = 2,014. 5) Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, rhitung = 0,384 > rtabel = 0,288; dan thitung = 5,293 > ttabel = 2,014. 6) Minat Belajar, Kebiasaan Belajar, Disiplin Belajar, Lingkungan Belajar, dan Perhatian Orang Tua secara bersamasama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, rhitung = 0,715 > rtabel = 0,288; dan Fhitung = 20,595 > Ftabel = 2,443. Penelitian ini menunjukkan sumbangan relatif variabel Minat Belajar 15,54%; Kebiasaan Belajar 54,69%; Disiplin Belajar 7,77%; Lingkungan Belajar 11,95%; dan Perhatian Orang Tua 10,05%. Sumbangan efektif sebesar 71,5% di mana variabel Minat Belajar 11,11%; Kebiasaan Belajar 39,10%; Disiplin Belajar 5,56%; Lingkungan Belajar 8,55%; dan variabel Perhatian Orang Tua 7,19%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan, keseluruhan hasil analisis mendukung hipotesis yang diajukan. Kata kunci: Minat Belajar, Kebiasaan Belajar, Disiplin Belajar, Lingkungan Belajar, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 10 Apr 2015 06:19
Last Modified: 29 Jan 2019 20:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15916

Actions (login required)

View Item View Item