PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN SIKAP KEGURUAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2011 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Muzdolifah, Nurul Mabitatul (2014) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN SIKAP KEGURUAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2011 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 FE UNY (2) mengetahui Pengaruh Sikap Keguruan terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 FE UNY (3) mengetahui Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Sikap Keguruan terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 FE UNY. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011sebanyak 126 mahasiswa. Pengambilan data dilakukan dengan membagi kuesioner atau angket kepada responden untuk mengumpulkan data variabel bebas Lingkungan Keluarga dan Sikap Keguruan serta variabel terikat Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi 2011 FE UNY. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan multikolinieritas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Kaluarga terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2011 FE UNY yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,457 dan nilai thitung sebesar 5,728> ttabel sebesar 1,660 dengan koefisien determinan (r2)sebesar 20,9% variabel Lingkungan Keluarga mempengaruhi Kesiapan Menjadi Guru. (2) adanya pengaruh positif dan signifikan Sikap Keguruan terhadap Kesiapan Menjadi Guru yang ditunjukkan dengan nilai nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,404 dan nilai thitung sebesar5,925> ttabel sebesar 1,660 dengan koefisien determinan (r2)sebesar 16,4% variabel Kesiapan Menjadi Guru mempengaruhi Kesiapan Menjadi Guru. (3) adanya pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Kaluarga dan Sikap keguruan terhadap Kesiapan Menjadi Guru yang ditunjukkan dengan nilaikoefisien korelasi (r) sebesar 0,507 dan nilaiFhitung sebesar 21,262 >Ftabel sebesar 3,09dengan koefisien determinan (r2)sebesar 25,7% kedua variabel tersebut secara bersama-sama mempengaruhi Kesiapan Menajadi Guru. Kata kunci: Lingkungan Keluarga, Sikap Keguruan dan Kesiapan Menjadi Guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:11
Last Modified: 29 Jan 2019 20:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15909

Actions (login required)

View Item View Item