MENINGKATKAN KREATIVITAS MEMECAHKAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 1 NANGGULAN, KULON PROGO

Septian, Irawan (2015) MENINGKATKAN KREATIVITAS MEMECAHKAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 1 NANGGULAN, KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SEPTIAN IRAWAN (09108241053).pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas memecahkan masalah dengan menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran IPS kelas IV di SD Negeri 1 Nanggulan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 1 Nanggulan yang berjumlah 32 siswa. Penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dua pertemuan setiap siklusnya. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Sebelum digunakan dalam penelitian, instrumen penelitian divalidasi menggunakan expert judgement. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pretest menunjukkan bahwa persentase aspek kreativitas siswa masih rendah yaitu 64,45% untuk aspek keluwesan, 25,98% untuk aspek keaslian, dan 28,91% untuk aspek elaborasi. Rata-rata nilai hasil pretest adalah 49 yang menunjukkan masih di bawah kriteria ketuntasan minimal. Setelah dilakukan tindakan melalui model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD N 1 Nanggulan, seluruh aspek kreativitas memecahkan masalah mengalami peningkatan dari hasil pretest. Aspek keluwesan meningkat 24,41% menjadi 89,06%, aspek keaslian meningkat 45,90% menjadi 71,88%, dan aspek elaborasi meningkat 38,28% menjadi 67,19%. Rata-rata nilai tes juga meningkat menjadi 78. Peningkatan kembali terjadi setelah dilakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan observasi masalah yang terjadi di lingkungan sekitar siswa. Persentase aspek keluwesan tetap pada 89,06%, aspek keaslian meningkat 4,29% menjadi 76,17%, dan aspek elaborasi meningkat 2,73% menjadi 69,92%. Rata-rata nilai hasil tes kembali mengalami peningkatan menjadi 80 dan telah berada di atas kriteria ketuntasan minimal. Kata kunci : Kreativitas Memecahkan Masalah, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15898

Actions (login required)

View Item View Item