PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TIPE MAKE A MATCH (MAM) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 MLATI

Hermawan, Deni Wahyu (2011) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TIPE MAKE A MATCH (MAM) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 MLATI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.rtf

Download (65kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match (MAM). (b) ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match (MAM), jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain dua faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Mlati tahun ajaran 2010/2011 dengan populasi sebanyak 105 peserta didik. Sampel penelitian terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS yaitu kelas X.A dan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MAM yaitu kelas X.B, sampel diambil secara purpossive cluster sampling. Data dianalisis dengan uji-t beda subjek dan anakova. Hasil analisis anakova menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan pada prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MAM, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik (F0 = 5,452 dan phitung = 0,021). Analisis dengan uji-t beda subjek menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara gain motivasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MAM (phitung = 0,080).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 10 Apr 2015 04:54
Last Modified: 29 Jan 2019 20:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15888

Actions (login required)

View Item View Item