KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN DEKORASI KERAMIK PADA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN KRIYA KERAMIK SMK NEGERI 1 KALASAN YOGYAKARTA

Sulistyo, Agung (2015) KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN DEKORASI KERAMIK PADA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN KRIYA KERAMIK SMK NEGERI 1 KALASAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Agung Sulistyo 10207241012.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas siswa dalam pembelajaran dekorasi keramik pada kelas XI keramik SMK Negeri 1 Kalasan dengan fokus masalah adalah: 1) Faktor yang mempengaruhi rendahnya kreativitas siswa; 2) Proses kreatif; dan 3) Kualitas kreativitas dekorasi keramik. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, baik yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif digunakan untuk proses kreatif dan faktor yang mempengaruhinya, sedangkan kuantitatif difokuskan pada kualitas kreativitas dekorasi keramik. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Uji validitas data dilaksanakan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan deskriptif, dalam pelaksanaannya meliputi statistika deskriptif, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: 1) Faktor yang mempengaruhi rendahnya kreativitas siswa dalam pembelajaran dekorasi keramik terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal didasari oleh rendahnya motivasi intrinsik siswa dalam pembelajaran. Faktor eksternal dipengaruhi oleh konsep kebebasan yang diterapkan oleh guru, khususnya kurangnya peranan guru sebagai motivator, pembimbing, demonstrator, dan evaluator; serta sistem pembelajaran dekorasi keramik yang kurang kondusif untuk merangsang dan mengoptimalkan kreativitas siswa, khususnya pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. 2) Proses kreatif siswa berkarya dekorasi keramik dilaksanakan dengan kurang optimal. Proses tersebut meliputi tahap perencanaan desain motif dekorasi keramik yang dilakukan dengan motivasi yang rendah; tahap pembentukan badan keramik dengan teknik putar centering dilaksanakan dengan kurang maksimal; tahap pembentukan dekorasi keramik dimulai dengan perencanaan motif yang kurang dapat menimbulkan inspirasi motif yang orisinal; serta pada implementasi motif dekorasi keramik yang kurang optimal. 3) Kualitas kreativitas dekorasi keramik karya siswa kelas XI keramik SMK Negeri 1 Kalasan 2013/204 menunjukkan tingkat yang rendah; khususnya pada aspek orisinalitas dan kompleksitas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: dekorasi keramik, kriya keramik, smk negeri 1 kalasan
Subjects: Seni dan Budaya > Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: ?? fbs_kriya ??
Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 15 Apr 2015 04:12
Last Modified: 20 Sep 2023 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15886

Actions (login required)

View Item View Item