PERBEDAAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TIPE MAKE A MATCH (MAM) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 KLATEN

Hartati, Vera Tri (2011) PERBEDAAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TIPE MAKE A MATCH (MAM) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PERBEDAAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE.docx

Download (14kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan tipe Make A Match (MAM). (2) ada tidaknya perbedaan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan tipe Make A Match (MAM), jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain dua faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X sejumlah 367 peserta didik dan dibagi dalam 10 kelas. Sampel penelitian ini sebanyak 75 peserta didik yang dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen I (A1) yang menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS dan kelas eksperimen II (A2) yang menggunakan model pembelajaran kooperatif MAM. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive cluster sampling. Data dianalisis dengan uji-t sama subjek, uji-t beda subjek, dan analisis kovarian (anakova). Hasil uji-t sama subjek diperoleh nilai pada kelas A1 menunjukkan ada perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (p = 0,024). Hasil uji-t sama subjek untuk A2 menunjukkan ada perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MAM (p = 0,006). Hasil uji-t beda subjek hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan motivasi sesudah proses pembelajaran antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe TPS dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MAM (p = 0,576). Hasil analisis kovarian (anakova) p = 0,951 (p > 0,05) menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MAM.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 10 Apr 2015 04:51
Last Modified: 29 Jan 2019 20:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15885

Actions (login required)

View Item View Item