EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI BERBASIS PEDAGOGICAL CHEMISTRY KNOWLEDGE (PChK) PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 2 WONOSARI

Dewi, Pranasari (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI BERBASIS PEDAGOGICAL CHEMISTRY KNOWLEDGE (PChK) PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak.docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode eksperimen dengan pendekatan inkuiri berbasis PChK terhadap prestasi belajar kimia peserta didik pada pembelajaran asam-basa kelas XI semester 2 di SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi adalm penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X1 jurusan IPA SMA Negeri 2 Wonosari yang berjumlah 75 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang yang pengambilannya dilakuakan dengan cara teknik purposive sampling, sampel ini terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas yang pembelajarannya menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan inkuiri berbasis Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) (A1) dan kelas yang pembelajarannya menggunakan metode demonstrasi dengan pendekatan ekspositori (A2). Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian (anakova satu jalur). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan metode eksperimen dengan pendekatan inkuiri berbasis Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) pada pembelajaran asam-basa untuk kelas XI semester II di SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2010/2011 lebih efektif meningkatkan prestasi belajar kimia peserta didik secara singnifikan dibandingkan dengan metode demonstrasi dengan pendekatan ekspositori apabila pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik (p = 0,002), dengan sumbangan efektif pengetahuan awal kimia sebesar 6,4 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 10 Apr 2015 04:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15883

Actions (login required)

View Item View Item