PENGARUH JENIS ASAM KUAT PADA SINTESIS SILIKA GEL DARI ABU BAGASSE TERHADAP ADSORPSI ION LOGAM NIKEL (II) DAN TEMBAGA (II)

Nurhidayati, Erma (2011) PENGARUH JENIS ASAM KUAT PADA SINTESIS SILIKA GEL DARI ABU BAGASSE TERHADAP ADSORPSI ION LOGAM NIKEL (II) DAN TEMBAGA (II). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGARUH JENIS ASAM KUAT PADA SINTESIS SILIKA GEL.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis silika gel dari abu bagasse, dan mempelajari karakteristiknya, serta pengaruh jenis asam kuat terhadap daya adsorpsi dan efisiensi adsorpsi pada ion logam nikel(II) dan tembaga(II) sehingga dapat diketahui daya adsorpsi dan efisiensi adsorpsi yang paling optimal. Subjek penelitian ini adalah silika gel dari abu bagasse. Penelitian ini diawali dengan pengabuan bagasse pada suhu 700oC dilanjutkan dengan pembuatan larutan natrium silikat dengan melarutkan 6 gram abu bagasse menggunakan 200 ml larutan NaOH 1M disertai pengadukan dan pemanasan selama 1 jam. Filtrat natrium silikat yang terbentuk ditambahkan bertetes-tetes larutan dengan variasi jenis asam kuat yaitu asam klorida, asam sulfat dan asam nitrat, dengan konsentrasi masing-masing 3M hingga larutan mencapai pH 7. Gel yang terbentuk didiamkan semalam, disaring dan dicuci dengan aquademineralisata, serta dikeringkan dalam oven dengan suhu 120oC selama 2 jam. Proses adsorpsi dilakukan dengan memasukkan silika gel ke dalam larutan ion logam nikel(II) dan tembaga(II), kemudian dikocok menggunakan shaker selama 2 jam kemudian dipusingkan selama 30 menit dengan kecepatan 2000 rpm untuk memisahkan endapan. Setelah adsopsi, larutan sisa dianalisis menggunakan spektrofotometer serapan atom (SSA) untuk mengetahui jumlah ion logam nikel(II) dan tembaga(II) yang teradsorpsi dalam silika gel. Hasil karakterisasi menunjukkan bahwa silika gel hasil sintesis dengan asam klorida, asam sulfat, dan asam nitrat, dengan konsentrasi masing-masing 3M mempunyai nilai keasaman berturut-turut sebesar 8,320 mmol/g, 6,554 mmol/g, dan 7,184 mmol/g. Sedangkan kadar air masing-masing 12,8798%, 15,1183%, dan 19,1398% sehingga didapatkan rumus kimia dari masing-masing silika gel yaitu SiO2. 0,4931H2O, SiO2. 0,5940H2O dan SiO2. 0,7894H2O. Hasil karakterisasi gugus fungsi dengan spektroskopi infra merah menunjukkan bahwa silika gel hasil sintesis mempunyai kemiripan dengan kiesel gel 60G. Jenis asam kuat yang digunakan dalam sintesis berpengaruh terhadap daya adsorpsi dan efisiansi adsorpsi ion logam nikel(II) dan tembaga(II). Kata kunci : abu bagasse, silika gel, adsorpsi, ion logam Ni(II) dan Cu(II)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 10 Apr 2015 04:24
Last Modified: 29 Jan 2019 20:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15881

Actions (login required)

View Item View Item