Nafi’ah, Elma (2011) PERBEDAAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING DAN PENDEKATAN EKSPOSITORI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 KASIHAN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Text
PERBEDAAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING DAN PENDEKATAN EKSPOSITORI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 KASIHAN TAHUN AJARAN 2010.docx Download (14kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik kelas X Semester 2 SMAN 1 Kasihan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching,(2) perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik kelas X Semester 2 SMAN 1 Kasihan yang menggunakan pendekatan reciprocal teaching dengan yang menggunakan pendekatan ekspositori, dan (3) perbedaan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X Semester 2 SMAN 1 Kasihan yang menggunakan pendekatan reciprocal teaching dengan yang menggunakan pendekatan ekspositori jika pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester 2 SMAN 1 Kasihan tahun ajaran 2010/2011 berjumlah 245 peserta didik dan terbagi dalam 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel berjumlah 65 peserta didik terbagi dalam 2 kelas yaitu satu kelas sebagai eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan analisis kovarian (anakova rancangan rambang lugas satu kovariabel). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan (p=0,000) pada motivasi belajar kimia peserta didik kelas X Semester 2 SMAN 1 Kasihan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching, (2) ada perbedaan yang signifikan (p=0,003) antara peserta didik kelas X Semester 2 SMAN 1 Kasihan yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching dengan peserta didik yang menggunakan pendekatan ekspositori, dan (3) ada perbedaan yang signifikan (p=0,013) pada prestasi belajar kimia antara peserta didik kelas X Semester 2 SMAN 1 Kasihan yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan ekspositori, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Dengan demikian pendekatan reciprocal teaching efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Admin Kimia FMIPA |
Date Deposited: | 10 Apr 2015 04:17 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15879 |
Actions (login required)
View Item |