PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS NILAI KARAKTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA UNTUK SMA KELAS XI

Barokah, Uji Siti (2014) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS NILAI KARAKTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA UNTUK SMA KELAS XI. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan produk media pembelajaran akuntansi berupa komik digital akuntansi untuk siswa SMA Kelas XI kompetensi dasar menyusun laporan keuangan perusahaan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui i) mengembangkan komik digital berbasis nilai karakter sebagai media pembelajaran akuntansi untuk SMA kelas XI;ii) mengetahui kelayakan komik digital akuntansi oleh ahli media, materi dan guru akuntansi; iii) mengetahui besarnya penguatan nilai karakter siswa dalam pembelajaran akuntansi terhadap komik digital berbasis nilai karakter. Pengembangan media dilakukan menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada tahapdefine terdiri dari analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep dan spesfifikasi tujuan. Pda tahap design penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, rancangan awal. Pada tahapdevelop dilakukan penilaian penilaian ahli, uji pengembangan dan uji validasi yang melibatkan 1 guru SMA dan 60 siswa SMA Kelas XI. Pada tahap disseminate dilakukan penyebaran di SMA N 1 Rembang dan SMA Ma’arif Karanganyar. Berdasarkan penelitian ahli media, ahli materi, guru akuntansi SMA, dan siswa kelas XI, kualitas media pembelajaran yang telah dikembangkan dikategorikan sangat layak dengan skor rata-rata 4,25 oleh ahli media, 4,52 oleh ahli materi dan 4,21 oleh guru. Media komik digital akuntansi berbasis nilai karakter dapat meningkatkan penguatan nilai karakter siswa dengan hasil yang bervariasi. Hasil angket nilai karakter 1 (sebelum) dan 2 (sesudah) dari siswa menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran menguatkan nilai karakter siswa. Penguatan tersebut diperoleh dari hasil analisis standar gain yaitu jujur pada uji pengembangan 0,82 dan uji validasi 0,63; mandiri pada uji pengembangan 0,65 dan uji validasi 0,67;disiplin pada uji pengembangan 0,78 dan uji validasi 1,00;kreatif pada uji pengembangan 0,10 dan uji validasi 0,87;kerjakeras pada uji pengembangan 0,29 dan uji validasi 0,64. Kata kunci: laporan keuangan, media berbasis nilai karakter, komik digital,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 10 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15874

Actions (login required)

View Item View Item