ABSTRAK PENGEMBANGAN BUKU SAKU AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI BAGI SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Nurul Mar'atus Sholihah, Nurul (2015) ABSTRAK PENGEMBANGAN BUKU SAKU AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI BAGI SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RnD NURUL MS.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan media pembelajaran berupa Buku Saku Akuntansi bagi siswa SMK jurusan Akuntansi kelas XI dengan materi Perolehan dan Penyusutan Aset Tetap; mengetahui kelayakan Buku Saku Akuntansi sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru Akuntansi, dan siswa dari aspek isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan; serta mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa sesudah penggunaan Buku Saku Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Pada tahap Development, Buku Saku Akuntansi dinilai kelayakannya oleh 2 dosen ahli materi, 2 dosen ahli media, 1 guru akuntansi, 6 siswa uji coba awal, dan 22 siswa uji coba akhir. Pengukuran motivasi siswa dilakukan terhadap 22 siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta sebagai subjek uji coba akhir. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini melalui observasi, wawancara, dan angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan lima tahap membuat Buku Saku Akuntansi yaitu: 1) Analysis (Penganalisisan), 2) Design (Perancangan), 3) Development or Production (Pengembangan), 4) Implementation or Delivery (Pengimplementasian), dan 5) Evaluation (Pengevaluasian). Tingkat kelayakan Buku Saku Akuntansi sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 3,71 yang termasuk dalam kategori Layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 3,54 yang termasuk dalam kategori Layak, dan 3) Guru Akuntansi diperoleh rata-rata skor 3,77 yang termasuk dalam kategori Layak. Penilaian kelayakan oleh siswa uji coba akhir memperoleh rata-rata skor 4,07 yang termasuk kategori Layak. Dengan demikian Buku Saku Akuntansi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan analisis Motivasi Belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan Buku Saku Akuntansi, diperoleh peningkatan sebesar 6,09% dari 72,08% menjadi 78,17%. Pada pengujian uji t berpasangan diperoleh t sebesar -6,494 dengan sig. 0,000 yang menunjukkan pengukuran signifikan sehingga kesimpulannya adalah pengembangan Buku Saku Akuntansi dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi. hitung Kata Kunci: Media Pembelajaran Akuntansi, Buku Saku, Motivasi Belajar, SMK, Aset Tetap, ADDIE

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 10 Apr 2015 02:35
Last Modified: 29 Jan 2019 20:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15865

Actions (login required)

View Item View Item