PENGEMBANGAN CHEMISTRY OUTDOOR ACTIVITY (COA) SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN ALTERNATIF BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MATA PELAJARAN KIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER

Masbukhin, Faizal Akhmad Adi (2011) PENGEMBANGAN CHEMISTRY OUTDOOR ACTIVITY (COA) SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN ALTERNATIF BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MATA PELAJARAN KIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ABSTRAK (BAHASA INDONESIA).rtf

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Chemistry Outdoor Activity (COA) yang dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia di SMA/MA kelas XI Semester 2, mengetahui kualitas produk yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian reviewer dan mengetahui apakah model pembelajaran COA dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia SMA/MA Kelas XI Semester 2. Pengembangan model pembelajaran COA menggunakan model pengembangan prosedural. Proses pengembangan ditentukan oleh ahli materi, peer reviewer, ahli model, dan reviewer sedangkan kualitas produk ditentukan oleh 5 reviewer. Penentuan kualitas produk menggunakan instrumen berupa angket penilaian kualitas yang ditabulasikan dalam bentuk skor dan dikonversi dalam skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kualitas model pembelajaran COA dikategorikan sangat baik (SB) dengan persentase 87,14%, RPP dikategorikan sangat baik (SB) dengan persentase 86,67%, buku panduan pelaksanaan COA dikategorikan sangat baik (SB) dengan persentase sebesar 86%, video pelaksanaan COA dikategorikan baik (B) dengan persentase 81,33%, dan secara keseluruhan dikategorikan sangat baik (SB) dengan skor rata-rata 318,8 dan persentasenya sebesar 86,16%. Dengan demikian COA dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 10 Apr 2015 02:31
Last Modified: 29 Jan 2019 20:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15864

Actions (login required)

View Item View Item