EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJARKIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 DI MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2010/2011

Pratimi, Desianti (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJARKIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 DI MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
14 abstrak.rtf

Download (53kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran aktif tipe quiz team dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan ekspositori, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. (2) mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengukuti pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran aktif tipe quiz team. (3) mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran aktif tipe quiz team dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan ekspositori. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester 2 MAN Yogyakarta II tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 237 peserta didik dan terbagi dalam 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive cluster sampling. Sampel berjumlah 78 peserta didik yang terbagi dalam 2 kelas yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen (A1) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (A2). Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian satu jalur, uji-t sama subjek dan uji-t antar subjek. Berdasarkan hasil uji analisis diperoleh bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan (p=0,000) antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran aktif tipe quiz team dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan ekspositori, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. (2) ada perbedaan yang signifikan (p=0,001) antara motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah proses pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran aktif tipe quiz team. (3) ada perbedaan yang signifikan (p=0,001) antara motivasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran aktif tipe quiz team dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan ekspositori. Dengan demikian pendekatan pembelajaran aktif tipe quiz team efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen dengan sumbangan efektif pengetahuan awal kimia peserta didik sebesar 9,33%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 10 Apr 2015 02:28
Last Modified: 29 Jan 2019 20:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15863

Actions (login required)

View Item View Item