PERSEPSI GURU PEMBIMBING TENTANG PENGUASAAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MAHASISWA PPL PRODI PJKR DI SMP SE-KABUPATEN BANTUL TAHUN 2012

Whinda Permana Putra, Winda Permana (2013) PERSEPSI GURU PEMBIMBING TENTANG PENGUASAAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MAHASISWA PPL PRODI PJKR DI SMP SE-KABUPATEN BANTUL TAHUN 2012. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru pembimbing tentang penguasaan kompetensi guru terhadap mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FIK UNY di SMP Se-Kabupaten Bantul Tahun 2012. Penilaian persepsi guru pembimbing ini berdasarkan empat kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pembimbing PPL pendidikan jasmani SMP Se-Kabupaten Bantul sebanyak 17 Guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan tehnik pengumpulan data menggunakan angket. Uji coba instrument dilakukan dengan menggunakan one shot methode. Uji validitas instrument menggunakan rumus Product Moment dari Karl Person, dari uji validitas diperoleh 42 butir pernyataan sahih dan 8 pernyataan gugur. Uji realibitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien sebesar 0,970. Teknik analisis data mengguanakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru pembimbing tentang penguasaan kompetensi guru terhadap mahasiswa PPL Prodi PJKR di SMP se- Kabupaten Bantul tahun 2012 masuk dalam kategori sedang yakni sebesar 35,29%, sedangkan sisanya yakni sebesar 11,76% masuk dalam kategori sangat rendah, 23,53% masuk dalam kategori rendah, 23,53% masuk dalam kategori tinggi dan 5,88% masuk dalam kategori kinerja sangat tinggi. Sementara hasil kategori per faktor antara lain kompetensi pedagogik berada dalam kategori sedang dan tinggi sebanyak 6 orang (35,29%), kompetensi kepribadian berada dalam kategori sedang sebanyak 6 orang (35,29%), kompetensi profesional berada dalam kategori sedang sebanyak 5 orang (29,41%), dan kompetensi sosial berada dalam kategori rendah sebanyak 7 orang (41,18%). Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa persepsi guru pembimbing tentang penguasaan kompetensi guru terhadap mahasiswa PPL Prodi PJKR di SMP se-Kabupaten Bantul tahun 2012 berkategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 10 Apr 2015 02:31
Last Modified: 29 Jan 2019 20:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15862

Actions (login required)

View Item View Item