PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SENI TARI MENGGUNAKAN METODE TEAM-GAMES-TOURNAMENT (TGT) BAGI SISWA KELAS IV DI SD N KOWANG BINANGUN, KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA

Pratiwiningrum, Dyah Ayu (2015) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SENI TARI MENGGUNAKAN METODE TEAM-GAMES-TOURNAMENT (TGT) BAGI SISWA KELAS IV DI SD N KOWANG BINANGUN, KALASAN, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DYAH AYU PRATIWININGRUM.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar seni tari siswa kelas IV di SD N KowangBinangun, Kalasan, Sleman, Yogyakarta dengan menggunakan metode Team-Games-Tournament (TGT) dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini terdapat dua siklus. Setiap siklus terdapat empat pertemuan. Pertemuan pertama sampai ketiga untuk pemberian materi, sedangkan pertemuan keempat untuk melakukan turnamen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Kowang Binangun, Kalasan, Sleman, Yogyakarta yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Team-Games- Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar seni tari siswa kelas IV SD N Kowang Binangun, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Hal ini terbukti dengan subjek penelitian yang terlihat aktif, antusias, dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Motivasi belajar yang dimiliki semakin meningkat. Selain itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang memiliki nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu pada pratindakan 47,82% dengan jumlah 11 siswa, pada siklus I 60,87% dengan jumlah 14 siswa, dan pada siklus II 82,60% dengan jumlah 19 siswa. Kata kunci : motivasi belajar, pembelajaran seni tari, Team-Games-Tournament (TGT)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, pembelajaran seni tari, Team-Games-Tournamen
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 10 Apr 2015 02:30
Last Modified: 29 Jan 2019 20:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15854

Actions (login required)

View Item View Item