PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS ANEKDOT DI KELAS X SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL DIY

Istianah, Emy Lestari (2015) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS ANEKDOT DI KELAS X SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL DIY. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Emy Lestari I 10201241020.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis anekdot di kelas X SMA Negeri 1 Sewon Bantul. Penelitian ini mencakup komponen pembelajaran yakni 1) tujuan pembelajaran, 2) materi pembelajaran, 3) metode pembelajaran, 4) langkah-langkah pembelajaran, 5) media dan sumber pembelajaran, 6) dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa di kelas X SMA Negeri 1 Sewon Bantul. Objek penelitian difokuskan pada pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis anekdot. Data yang diperoleh dengan teknik observasi partisipatif, wawancara, catatan lapangan, dan analisis dokumen. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui perpanjangan waktu keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tujuan pembelajaran belum dirumuskan pada semua KD, oleh karenanya kegiatan pengukuran siswa dalam pembelajaran kurang jelas, (2) materi pembelajaran yang diajarkan guru sudah sesuai dengan silabus, jenis materi pembelajaran meliputi fakta, konsep, dan keterampilan, (3) metode pembelajaran yang diterapkan guru meliputi metode diskusi dan penugasan. Metode tersebut membuat siswa lebih aktif dalam berproses sesuai dengan pendekatan saintifik, (4) langkah-langkah pembelajaran yang diterapkan guru terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (menerapkan pendekatan saintifik), dan kegiatan penutup, (5) media pembelajaran yang digunakan siswa berupa gambar, teks anekdot, dan papan tulis, sumber belajar berupa buku paket wajib siswa, LKS, fenomena kehidupan, dan pengalaman siswa beserta guru, (6) evaluasi pembelajaran yang diterapkan oleh guru meliputi penilaian kompetensi sikap, kompetensi keterampilan dan kompetensi pengetahuan. Namun, dalam memberikan penilaian, guru belum menggunakan bentuk-bentuk penilaian otentik yang sesuai dengan bentuk penilaian pada Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, keterampilan menulis, anekdot
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 10 Apr 2015 02:32
Last Modified: 11 Oct 2019 02:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15850

Actions (login required)

View Item View Item