ANALISIS STRUKTURALISME GENETIK DALAM ROMAN DIE VERWANDLUNG KARYA FRANZ KAFKA

Mastuti, Linda Dwi (2015) ANALISIS STRUKTURALISME GENETIK DALAM ROMAN DIE VERWANDLUNG KARYA FRANZ KAFKA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Linda Dwi Mastuti 10203241020.pdf

Download (760kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik, (2) kondisi sosial dan budaya masyarakat Praha, (3) latar kehidupan sosial dan budaya pengarang, dan (4) pandangan dunia pengarang yang terdapat di dalam roman Die Verwandlung karya Franz Kafka melalui analisis strukturalisme genetik. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologis. Objek penelitian ini adalah roman Die Verwandlung karya Franz Kafka. Roman ini diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Juni Liem dan diterbitkan oleh penerbit Homerian Pustaka pada tahun 2008. Instrumen dalam penelitian ini adalah human instrument. Data diperoleh dengan teknik membaca dan mencatat. Data dianalisis dengan metode dialektik. Keabsahan data dilakukan dengan validitas semantis dan expert-judgment. Reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas intrarater dan interrater. Hasil penelitian menunjukkan (1) alur yang terdapat dalam roman Die Verwandlung karya Franz Kafka adalah alur jenis die auβere Handlung. Dalam roman ini terdapat 4 tokoh utama yakni Gregor Samsa, Herr Samsa (Ayah Gregor), Frau Samsa (Ibu Gregor) dan Grete (adik Gregor), juga beberapa tokoh tambahan seperti Der Prokurist, Die Zimmerherren, dan Die Bedienerin. Latar tempat yang digunakan meliputi kamar Gregor dan ruang keluarga di rumah keluarga Samsa, sedang latar waktu yang digunakan adalah waktu sehari-hari atau Tageszeit. Sudut pandang yang terdapat dalam roman ini adalah personaler Er-Erzähler, (2) kondisi sosial dan budaya masyarakat Praha yang diangkat dalam roman ini adalah perbudakan manusia oleh sistem ekonomi kapitalisme sebagai dampak industrialisai yang mulai berkembang di Eropa, serta isolasi terhadap kaum Yahudi yang dilakukan oleh sebagian besar penduduk Eropa, (3) latar kehidupan sosial dan budaya pengarang yang memperngaruhi pandangan dunianya dalam menciptakan roman ini adalah tekanan psikis yang ia alami selama hidupnya akibat tindak otoriter yang dilakukan oleh ayahnya, dan (4) pandangan dunia pengarang dalam roman ini adalah keyakinan terhadap pemikiran eksistensialisme yang memiliki misi mengangkat derajat kemanusiaan dan menegaskan kapasitas manusia sebagai individu yang bebas juga merdeka.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: unsur intrinsik, kondisi sosial dan budaya masyarakat praha, latar kehidupan sosial dan budaya pengarang, pandangan dunia pengarang
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 10 Apr 2015 02:31
Last Modified: 29 Jan 2019 20:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15847

Actions (login required)

View Item View Item