UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BATIK MENGGUNAKAN METODE PROJECT-BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII G SMP N 1 TRUCUK KABUPATEN KLATEN

Utomo, Dimas Sopan Sahid Satrio (2015) UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BATIK MENGGUNAKAN METODE PROJECT-BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII G SMP N 1 TRUCUK KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dimas Sopan Sahid SU 10207241008.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran muatan lokal batik menggunakan metode Project-Based Learning pada siswa kelas VIII G SMP N 1 Trucuk Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP N 1 Trucuk Klaten yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran dengan metode project-based learning yaitu dengan memberikan projek/tugas kepada siswa sehingga siswa dapat berkarya dan berkreasi secara maksimal, (2) Metode Project-Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran muatan lokal batik siswa kelas VIII G SMP N 1 Trucuk Klaten. Hal ini berdasarkan dari hasil penilaian kreativitas siswa pada kondisi awal menunjukkan aspek fluency berjumlah 35%, flexibility 32,5%, originality 38,21%, elaboration 35%, sensitivity 37,86%, sehingga skor rata-rata keseluruhan 35,71% (kriteria kurang). Selanjutnya pada siklus I aspek fluency berjumlah 71,07%, flexibility 57,86%, originality 70%, elaboration 61,07%, sensitivity 67,5%, sehingga skor rata-rata sebesar 65,5% (kriteria baik). Kemudian pada siklus II aspek fluency berjumlah 88,21%, flexibility 83,21%, originality 92,5%, elaboration 88,21%, sensitivity 85,71%, sehingga skor kreativitas sebesar 87,57% (kriteria sangat baik). Penelitian dihentikan pada siklus II karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan >81%, (3) Meningkatnya kreativitas hasil karya siswa pada kondisi awal hingga siklus II. Peneliti menyimpulkan bahwa metode Project-Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran muatan lokal batik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: muatan lokal batik, metode project-based learning, SMP N 1 Trucuk
Subjects: Seni dan Budaya > Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Kerajinan
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 15 Apr 2015 06:27
Last Modified: 29 Jan 2019 20:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15838

Actions (login required)

View Item View Item