MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI PENGURANGAN PADA BILANGAN CACAH DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS 1A SD NEGERI SAMIRONO KABUPATEN SLEMAN

Sri, Lestari (2015) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI PENGURANGAN PADA BILANGAN CACAH DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS 1A SD NEGERI SAMIRONO KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SRI LESTARI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa materi pengurangan pada bilangan cacah dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas 1A SD Negeri Samirono Kabupaten Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK merupakan salah satu jenis penelitian yang bertujuan memperbaiki proses pembelajaran, sehingga prestasi belajar siswa akan meningkat. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1A SD Negeri Samirono sebanyak 16 siswa, 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 100% siswa dapat mencapai KKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa materi pengurangan pada bilangan cacah dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas 1A SD Negeri Samirono Kabupaten Sleman. Hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai KKM dalam tiap siklus. Hasil pretes menunjukkan bahwa siswa yang mencapai KKM sebanyak 7 siswa atau 43,75%. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 12 siswa atau 75%. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pretes ke siklus I mengalami peningkatan sebanyak 5 orang atau 31,25%. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM ada 16 siswa atau 100%. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 4 orang atau 25%. Kata kunci: prestasi belajar, pengurangan pada bilangan cacah, pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15821

Actions (login required)

View Item View Item