KESULITAN-KESULITAN YANG DIHADAPI DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK CERITA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI GUGUS FATAHILAH KECAMATAN KARANGANYAR, PURBALINGGA

Laeli, Haryati (2015) KESULITAN-KESULITAN YANG DIHADAPI DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK CERITA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI GUGUS FATAHILAH KECAMATAN KARANGANYAR, PURBALINGGA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Laeli Haryati.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita kelas IV Sekolah Dasar di Gugus Fatahilah Kecamatan Karanganyar, Purbalingga. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar di Gugus Fatahilah Kecamatan Karanganyar, Purbalingga sebanyak 86 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi model concurrent embedded dengan metode kualitatif sebagai metode primer. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Siswa diberi tes berupa soal matematika bentuk cerita. Sebelum digunakan, soal terlebih dahulu diuji validitasnya. Setelah diperoleh data penelitian, peneliti menganalisis data penelitian tersebut menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh 8 jenis kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita.Kesulitan-kesulitan tersebut adalah (1) kesulitan dalam membaca, (2) kesulitan dalam memahami langkah menyelesaikan soal cerita, (3) kesulitan dalam menyusun kalimat pertanyaan, (4) kesulitan dalam membuat model penyelesaian, (5) kesulitan dalam membuat model penyelesaian dengan teknik bersusun pendek, (6) kesulitan dalam berhitung, (7) kesulitan mengubah model matematika, (8) kesulitan dalam menyusun kalimat kesimpulan. Dari kedelapan kesulitan tersebut, siswa paling banyak mengalami kesulitan dalammembaca khususnyadalam menentukan katakata yang relevan dengan masalah (67,60%), dan kesulitan dalam menyusun kalimat pertanyaan yaitu menuliskan kalimat pertanyaan tanpa tanda tanya (?) (30,78%). Kata kunci: kesulitan menyelesaikan soal, soal matematika bentuk cerita.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15820

Actions (login required)

View Item View Item