MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PAKEM SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO

Muhamad Aminudin, Wahid (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PAKEM SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUH. AMINUDIN WAHID (09108249009).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan melalui penerapan pendekatan PAKEM siswa kelas V SD Negeri 1 Pengasih Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Pengasih yang berjumlah 18 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika pada materi pecahan pokok bahasan perkalian pecahan melalui penerapan pendekatan PAKEM. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan tes. Selain itu, observasi dan tes juga digunakan sebagai instrumen penelitian. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang keterlaksanaan proses pembelajaran perkalian pecahan dengan penerapan pendekatan PAKEM, dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan PAKEM pada pembelajaran perkalian pecahan. Sebelum digunakan dalam penelitian, soal tes divalidasi oleh ahli yang berkompeten pada bidang tersebut (expert judgement) untuk memastikan layak tidaknya soal tes tersebut digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar pada materi pecahan pokok bahasan perkalian pecahan melalui penerapan pendekatan PAKEM siswa kelas V SD Negeri 1 Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Peningkatan yang terjadi yaitu, (1) rata-rata nilai pratindakan siswa sebesar 55,0 dengan persentase ketuntasan sebesar 38,9%, (2) rata-rata nilai evaluasi akhir siklus I sebesar 73,6 dengan persentase ketuntasan sebesar 55,6%, (3) rata-rata nilai evaluasi akhir siklus II sebesar 83,6 dengan persentase ketuntasan 77,8%. Kata kunci : hasil belajar matematika materi pecahan, penerapan pendekatan PAKEM

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15819

Actions (login required)

View Item View Item