PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF FILLING WORD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B TK ABA NGABEAN I TEMPEL

Prina, Isnaini (2015) PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF FILLING WORD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B TK ABA NGABEAN I TEMPEL. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat permainan edukatif filling word terhadap keterampilan membaca permulaan anak Kelompok B di TK ABA Ngabean I Tempel. Keterampilan membaca permulaan perlu diajarkan pada anak agar dapat menjadi fondasi bagi kehidupan anak selanjutnya. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan variabel terikat yaitu keterampilan membaca permulaan anak Kelompok B TK ABA Ngabean I Tempel, dan variabel bebas yaitu alat permainan edukatif filling word. Populasi penelitian adalah 48 anak kelompok B TK TK ABA Ngabean I Tempel. Sampel dipilih dengan teknik sampling insidental yaitu Kelompok B1 sebagai kelompok kontrol dan Kelompok B2 sebagai kelompok eksperimen. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian yaitu metode tes. Adapun metode yang digunakan dalam menganalisis data penelitian yaitu teknik uji independet sample t test dengan bantuan program SPSS for windows release 16. Hasil penelitian membuktikan ada pengaruh positif alat permainan edukatif filling word terhadap keterampilan membaca permulaan pada anak Kelompok B TK ABA Ngabean I Tempel. Berdasarkan hasil tes yang ada diperoleh rerata yang diperoleh kelompok eksperimen yaitu 11,17 menjadi 13,91. Hal tersebut terbukti dari hasil uji indepedent sample t test untuk data tidak berpasangan, dimana nilai probabilitas < 0,05 (0, 043 < 0,05). Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, alat permainan edukatif filling word

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 09 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15812

Actions (login required)

View Item View Item