Intan, Yuvitasari (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KATA MELALUI METODE PERMAINAN ULAR TANGGA KATA PADA ANAK KELOMPOK A TK SINAR MELATI I SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, PG PAUD.
|
Text
SKRIPSI Intan Yuvitasari NIM. 12111247010.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal kata melalui permainan ular tangga kata pada anak kelompok A TK Sinar Melati I Sariharjo. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian yaitu anak-anak kelompok A yang berjumlah 22 orang anak. Metode pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan ular tangga kata dapat meningkatkan kemampuan mengenal kata. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase kemampuan mengenal kata anak sebesar 41, 66%. Pada Siklus I sebesar 60, 21% dengan peningkatan 18, 55%, dan pada Siklus II sebesar 80, 55% dengan peningkatan 38, 89%. Peningkatan kemampuan mengenal kata ini meliputi anak sudah mampu menunjuk kata sesuai gambar/perintah, menyebut kata dengan membaca tulisan/yang tertulis dan menyebutkan simbol-simbol dalam kata. Perolehan persentase tersebut menunjukkan bahwa kemampuan mengenal kata anak kelompok A dengan kriteria baik telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 76%. Langkah-langkah permainan ular tangga sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengenal kata dan anak sudah bisa mengenal kata benda: baju, celana, dasi, lap, kaos, rok, peci, sandal, sepatu, rambutan, pisang, salak, jeruk, gelas, pepaya, apel, singa, kuda, sapi, buaya, unta, katak, ayam, kelinci, kambing, kucing, rusa, kupu-kupu, kenari, elang, lalat, lalat, dara, laron, lebah, kecoa, capung, yaitu 1) guru menyiapkan media permainan ular tangga dari bahan spon ati, dadu dari kardus bekas yang dibentuk kubus, pion, 2) guru menjelaskan dan memberi contoh permainan ular tangga, yaitu melempar dadu, menjalankan pion dan menyebutkan gambar, kata yang tertera pada papan tempat pion berhenti, 3) anak-anak dikondisikan duduk melingkar di karpet lalu membagi dalam kelompok, 1 kelompok terdiri 5-6 anak, 4) guru memberikan penguatan dan motivasi berupa nasehat pada anak, 5) setelah selesai bermain anak yang berkembang sesuai harapan diberi penghargaan berupa gambar bintang. Kata kunci: kemampuan mengenal kata, permainan ular tan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 09 Apr 2015 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15801 |
Actions (login required)
View Item |