INDIGO DALAM KREATIVITAS SIMBOL BENTUK DAN WARNA LUKISAN DIKY

Hersi, Maningrum (2015) INDIGO DALAM KREATIVITAS SIMBOL BENTUK DAN WARNA LUKISAN DIKY. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI - HERSI MANINGRUM (10111244022).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas dalam simbol bentuk dan warna lukisan anak indigo usia 5 tahun. Lukisan anak indigo dikaji mengenai kreativitas dalam simbol bentuk dan warna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian adalah anak indigo usia 5 tahun bernama Diky. Objek material penelitian yaitu lukisan dan objek formal penelitian yaitu kreativitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi partisipatif, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Miles dan Huberman. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah peneliti sebagai instrumen utama. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas dalam simbol bentuk dan warna lukisan Diky sebagai berikut: 1) Fluency (kelancaran) dalam karya Diky yaitu Diky dapat memunculkan suatu ide dan gagasan sendiri. Ide dan gagasan dalam lukisan Diky berasal dari kejadian yang pernah dialami, apa yang pernah dilihat dan diketahui, dan apa yang menjadi keinginan Diky. 2) Ide dan gagasan Diky yang muncul kemudian dituangkan ke dalam lukisan melalui simbol bentuk dan warna. Flexibility (keluwesan) dalam karya lukisan Diky yaitu dapat menciptakan berbagai macam simbol bentuk dan penggunaan warna yang berbeda-beda. 3) Elaboration (keterperincian) dalam lukisan tampak pada beberapa lukisan adannya pengembangan bentuk dan warna. Terdapat makna atau cerita pada setiap karya yang ditampilkan melalui simbol bentuk dan warna yang ditampilkan. 4) Originality (keaslian) dalam lukisan yaitu Diky menciptakan ide dan gagasan serta simbol bentuk dan warna yang ditampilkan sesuai dengan imajinasi dan keinginannya sendiri. 5) Diky memiliki sensitivity (kepekaan) terhadap lingkungan sekitar. Keennam lukisan merupakan gambaran perasaan dan pikiran Diky terhadap situasi yang sedang atau pernah terjadi. 6) Indigo tampak dalam karya lukisan dan perilaku Diky, namun lebih dominan ketika proses berkarya. 7) Warna violet dan merah muda yang menjadi kesukaan Diky muncul dalam karya 1 dan 2. Kata kunci: kreativitas, simbol, lukisan anak indigo

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 09 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15799

Actions (login required)

View Item View Item