PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PKK KARTINI PADOKAN KIDUL TIRTONIRMOLO KASIHAN BANTUL

Pramesti, Sayekti Prihatin (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PKK KARTINI PADOKAN KIDUL TIRTONIRMOLO KASIHAN BANTUL. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak kelompok B melalui kegiatan kolase di TK PKK Kartini Padokan Kidul, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya 8 dari 10 anak kelompok B masih mengalami kesulitan dalam mengikuti kegiatan yang melibatkan keterampilan motorik halus seperti saat mewarnai, menggunting, dan menempel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif partisipatif dengan menggunakan modifikasi model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 10 anak, yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan motorik halus melalui kegiatan kolase. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak kelompok B di TK PKK Kartini Padokan Kidul dapat ditingkatkan melalui kegiatan kolase. Kegiatan kolase yang dilakukan yaitu (1) anak dikenalkan pada bahan yang akan digunakan untuk membuat kolase (2) anak mengambil lem dan mengoleskan lem pada pola gambar (3) anak mengambil bahan kolase yang sudah dipersiapkan dan menempelkan bahan kolase pada pola gambar yang sudah diberi lem. Peningkatan keterampilan motorik halus dapat dilihat pada saat sebelum tindakan diperoleh 20% atau 2 anak dari 10 anak berada pada kriteria baik, pada siklus I diperoleh 70% atau 7 anak dari 10 anak berada pada kriteria baik, dan pada siklus II diperoleh 90% atau 9 anak dari 10 anak berada pada kriteria baik. Kata kunci: Keterampilan motorik halus, kegiatan kolase

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 09 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15798

Actions (login required)

View Item View Item