KEMAMPUAN MEMBERI FEEDBACK DALAM KEGIATAN BERCERITA PADA GURU TK KELOMPOK B DI GUGUS TERPADU CUT MUTIA CILACAP TENGAH CILACAP

Inayatul, Lathifah (2015) KEMAMPUAN MEMBERI FEEDBACK DALAM KEGIATAN BERCERITA PADA GURU TK KELOMPOK B DI GUGUS TERPADU CUT MUTIA CILACAP TENGAH CILACAP. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI INAYATUL LATHIFAH - 10111244005.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan memberi feedback dalam kegiatan bercerita pada guru TK Kelompok B di Gugus Terpadu Cut Mutia, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap. Adanya feedback yang diberikan guru menjadi bagian penting dari pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 10 guru kelas di TK Kelompok B di Gugus Terpadu Cut Mutia. Objek penelitiannya adalah kemampuan feedback dalam kegiatan bercerita di 10 kelas TK Kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini disajikan dalam bentuk laporan dan uraian, untuk kemudian disusun dalam bentuk hasil penelitian deskriptif dengan model analisa interaktif. Data-data hasil penelitian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian kemampuan memberi feedback dalam kegiatan bercerita pada guru TK Kelompok B di Gugus Terpadu Cut Mutia meliputi: (1) Cara memunculkan feedback melalui ungkapan spontan (100%), penjelasan lisan (70%), dan peragaan (50%); (2) Jenis feedback berupa general (100%) dan specific (100%), sementara bentuk feedback berupa reinforcement verbal dan nonverbal (100%) serta motivation (60%); (3) Pemilihan kata berbentuk positif (100%) dan negatif (60%); (4) Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia (100%) dan bahasa daerah (100%) sehingga mudah dipahami; (5) Waktu munculnya feedback di awal (90%), tengah (90%), dan akhir cerita (100%); (6) Interaksi dilakukan dengan satu (30%) dan dua arah (100%); serta (7) Sasaran feedback belum (70%) dan sudah menyeluruh (30%). Kata kunci: feedback, kegiatan bercerita, guru TK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 09 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15793

Actions (login required)

View Item View Item